Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cek Spesifikasi Laptop atau PC Dengan Mudah


Ketika seseorang hendak membeli sebuah Laptop ataupun PC, hal paling utama yang diperhatikan tentunya adalah spesifikasinya. Dari spesifikasi, tentunya pengguna dapat mengetahui seberapa cepat atau seberapa efektif Laptop atau PC yang hendak dibeli.
Dari pengamatan saya, masih banyak pengguna yang masih belum mengetahui cara untuk mengecek spesifikasi laptop atau pc. Untuk melakukan pengecekan spesfikasi Laptop atau PC tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, ada 7 cara untuk cek spesifikasi laptop atau pc.! apa saja itu? mari simak!

7 Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC
Oh iya, cara-cara di bawah ini hampir dapat kamu lakukan pada semua windows ya.! Seperti windows xp, windows 7, windows 8, ataupun windows 10.

1. Melalui Properties My Computer
Cara yang pertama ini mudah sekali untuk diikuti.!

Pertama-tama masuk ke My Computer dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan.
Berikutnya, arahkan mouse pada bagian Computer selanjutnya klik kanan lalu klik Properties.

Setelah itu spesifikasi Laptop atau PC kamu akan tampil di layar monitor dengan sendirinya.

2. Melalui Control Panel
Cara kedua ini juga tergolong hampir mirip seperti cara pertama, anggaplah cara ini sebagai variasi dari cara pertama

Masuk ke bagian Control Panel
Klik pada bagian System and Security


Terakhir temukan dan klik opsi System lalu setelah itu spesifikasi akan muncul di layar monitor

3. Melalui DX Diag (DirectX Diagnostic Tool)
Cara ini berbeda dengan sebelumnya, cara ini cukup banyak digunakan karena dapat juga melihat spesifikasi VGA yang terpasang pada Laptop atau PC. berikut caranya!

Masuk ke Run dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketikkan dxdiag setelah itu klik Ok atau tekan tombol Enter pada keyboard.

Selanjutnya spesifikasi laptop akan tampil dengan sendirinya.

4. Melalui Command Promt
Dengan command promt, kamu juga dapat melihat spesifikasi laptop atau pc kamu loh! berikut caranya!

Masuk ke Run dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketikkan cmd setelah itu klik Ok atau tekan tombol Enter pada keyboard.

Setelah masuk ke command promt, ketikkan systeminfo lalu tekan Enter. Tunggulah sejenak hingga spesifikasi tampil di layar monitor. Scrool dari atas untuk melihat spesifikasi secara detail.

5. Melalui System Information
Dengan cara ini, tentunya kamu juga dapat melihat spesifikasi dari laptop atau pc kamu secara detail.

Masih menggunakan run untuk aksesnya, tekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketikkan msinfo32 setelah itu klik Ok atau tekan tombol Enter pada keyboard.

Dengan demikian kamu dapat melihat spesifikasi dari laptop atau pc kamu secara detail

6. Melalui Software CPU-Z
Cara ini cukup sedikit berbeda dari cara-cara sebelumnya, karena kamu tidak lagi menggunakan software/fitur bawaan dari windows. Dengan Sofware CPU-Z kamu dapat melihat juga spesifikasi dari laptop atau pc kamu secara lengkap juga.

Download lalu install software CPU-Z melalui cpuid.com

Setelah terinstall, kamu tinggal membuka CPU-Z yang baru saja terinstall lalu spesifikasi dari laptop atau pc kamu akan tampil nantinya.


7. Melalui Software HWiNFO
Bukan hanya dengan CPU-Z saja kamu dapat melihat mengecek spesifikasi laptop atau pc kamu. Melalui software HWiNFO kamu juga dapat mengecek spesifikasi secara detail mulai dari VGA, RAM, MotherBoard, Port, dan lain-lain.

Download lalu install software HWiNFO melalui hwinfo.com




Setelah terinstall, kamu hanya perlu untuk membuka software tersebut untuk melihat spesifikasi dari laptop atau pc kamu.


Demikianlah 7 Cara Cek Spesifikasi Laptop atau PC Dengan Mudah, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Cek Spesifikasi Laptop atau PC Dengan Mudah"